Play dough rumahan

Aku mau share cara membuat playdough dari bahan-bahan yang tersedia dirumah. Aku usahakan yang aman untuk anak-anak.

Kenapa membuat sendiri? karena selain lebih murah, bahan pembuatnya jelas, karena anakku banyak jadi memang harus membuat banyak. Dan umumnya selalu hilang. Jadi lebih baik membuat sendiri.

10486468_940704739280186_3061822778485847211_n

Ini adalah resep playdough yang ke 4 yang aku coba dan terbukti berhasil tidak lengket, tidak keras dan tidak berjamur walaupun sudah 4 hari dan wanginya juga enak.

Bahan
3 gelas tepung
1/2 gelas garam meja
2 sdm cream of tartar
1 sdm minyak sayur
2 sdm baby oil
1 1/3 gelas air panas (air,nya aku masak hingga mendidih)

Pewarna makanan secukupnya

Cara:

campurkan semua bahan kecuali air panas. Setelah teraduk rata baru masukan air panas aduk dengan spatula hingga rata dan kalis. Setelah tidak terlalu panas bagi sesuai keperluan dan berikan pewarna makanan.
Awalnya tidak lengket, setelah hari pertama berlalu mulai lengket. Lalu aku simpan dan dalam plastik seal pada malam,hari. Paginya aku keluarkan dan aku tambahkan 1 sdm makan tepung masing-masing warna. Lalu diaduk kembali. Hasilnya hingga hari ke 4 masih bagus. Baiknya simpan dalam wadah tertutup dalam lemari es jika tidak dipergunkan.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

