Good bye GLI

Minggu ini, pada akhirnya aku memutuskan sebuah permasalahan yang menggangguku selama berbulan-bulan.

Seperti dulu pernah suatu waktu aku harus membuat keputusan penting yang harus aku hadapi dan jalani. saat itu, 5 tahun yang lalu, aku memutuskan untuk berhenti bekerja diluar rumah. Sebuah keputusan besar yang semenjak aku sekolah di SMA sudah aku sadari bahwa aku akan menjadi ibu yang tidak bekerja diluar rumah. AKu lebih memilih kata-kata ini ” ibu bekerja di dalam rumah” dibandingkan “full time mom” karena semua ibu itu tidak ada yang “half time mom ataupun full time mom” karena dimana pun mereka berada pikiran mereka akan selalu ada bersama keluarga mereka. Sesuatu yang aku pelajari selama 6 tahun bekerja pada sebuah perusahaan asing dan selama 5 tahun terakhir bekerja di dalam rumah. No one of us is better than others, we just have different path to live. Walaupun begitu ada sesuatu yang perlu diperhatikan untuk seluruh wanita muslimah, bahwa berada di dalam rumah lebih utama dalam islam. Tapi bukan tentang syariat yang akan aku tuangkan dalam catatan ku ini.

Setahun setelah berhenti bekerja diluar rumah, aku masih tergelitik untuk mencoba mempunyai penghasilan dari usaha ku sendiri dan pilihanku jatuh pada online shop. Bukan berarti suami tidak memberikan nafkah untuk diriku pribadi (seperti untuk membeli baju, ke salon dll) tapi ada perasaan egois dan kesombongan yang masih muncul. Perasaan dimana aku merasa lebih berarti atau lebih hebat jika masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan walaupun bekerja dari rumah. Ibaratnya jika perempuan yang bisa bekerja di luar rumah bisa mengatur pekerjaannya, anak-anak, urusan manajemen rumah dan perkawinannya, mengapa aku sebagai perempuan yang bekerja di dalam rumah tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan terkadang ada perasaan bahwa aku lebih baik dari mereka yang bekerja di luar rumah karena telah merelakan dan melipat ijazahku yang awalnya merupakan kebanggaan orang tuaku. Ada warisan pemikiran bahwa menjadi perempuan bekerja di luar rumah lebih baik dan banyak manfaatnya. Aku ingin membuktikan bahwa perempuan bekerja di dalam rumah bisa lebih hebat. Selain perasaan egois dan kesombongan itu aku juga tertarik dengan dunia jahit menjahit yang lebih fokus pada crafting, dan saat itu sedang terfokus untuk bisa mengatur dan mengolah keuangan rumah tangga dengan mengatur pilihan yang lebih baik, lebih ekonomis dan lebih sederhana dalam hasil akhir, dan saat itu dunia yang sangat dekat denganku adalah dunia bayi dan anak-anak.

Salah satu solusi mengatur pengeluaran, kemudahan dalam melakukan tugas perawatan bayi bersanding dengan tugas manajemen rumah dan anak, popok kain modern adalah pilihan menarik untuk aku coba. Saat itu ada daya tarik sendiri dari produk kecil yang cantik dan aduhai itu. Dan dunia maya juga menarik untuk aku utak atik. Sempat belajar untuk membuat website sendiri tetapi gagal dijalan karena terbentur waktu yang sedikit (saat itu aku sudah melahirkan anak ke empat), salah satu rencana mimpi yang belum bisa terwujud. Untuk media sosial dan marketing, aku pelajari secara otodidak. Beruntung setelah berhenti bekerja, aku sudah membeli PC sendiri. Ini alatku untuk tetap berhubungan dengan dunia dari dalam kotak kecilku.

Tidak terasa sudah 3,5 tahun GLI berdiri. Lahir dari ketertarikan pada dunia baru, yang aku yakin 100% tidak dapat aku telusuri jika aku masih bekerja di luar rumah. Aku mencintai tokoku ini karena dia lahir dari tanganku sendiri. Aku mencintai setiap mereka yang berbelanja di GLI. Kami tidak pernah bertatap muka tapu aku berusaha melayani mereka sebaik yang aku bisa, walaupun ada saat terpuruk yang tidak bisa dihindari. Aku berusaha memberikan sentuhan pada setiap paket yang aku kirim, walauoun aku bukan seorang ahli dalam seni, tapi aku berusaha membungkusnya serapi mungkin. Banyak teman baru yang aku dapat. Kami tifak pernaj bertemu tapi dari cara mereka mengirimkan pesan sangat istimewa.

Aku akan sangat merindukan menyapa mereka di media sosial, merindukan menjawab

pertanyaan mereka, merindukan membungkus setiap pesanan mereka.

I will miss mu GLI, tapi keputusan harus aku ambil.

 

hahahahah curhat ngga penting.šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

