Catatan Popok Kain: Alternatif Pembersih Popok Kain

Aku adalah orang yang senang bereksperimen, tapi bukan eksperimen yang berbahaya apalagi menggunakan bahan-bahan berbahaya.

Aku suka sekali berkesperimen dengan benda-benda yang sekiranya dapat dijadikan penolong tugas harian dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Setelah sebelumnya aku sempat menulis tentang perjalanan ku dengan detergent, sekarang aku punya alternatif lain yang sudah aku gunakan selama sebulan ini untuk membersihkan popok kain dan menspad.

Awalnya dari ketidak sengajaan dari hasil sering membuat water infusion. Water infusion adalah air biasa yang diberikan potongan buah segar dan dibiarkan bermalam sehingga air tersebut memiliki rasa buah yang ada dalam tempat tersebut. Kegunaan water infusion bermacam-macam dari detoksifikasi hingga penurunan berat badan.

Tulisan ini tidak akan membahas tentang water infusion loh.

Suatu hari aku lupa untuk meminum water infusion ku yang berisi potongan jeruk lemon (lokal loh ya) dan jeruk nipis. Botol tersebut sudah bermalam dalam kulkas selama 3 malam. Warna airnya sudah berubah seperti warna air lemon tapi tidak berbuih. Takut untuk meminumnya kembali dengan alasan terlalu asam yang tidak bagus untuk gigi bermasalahku, akhirnya air tersebut aku keluarkan dan kulkas.

Merasa sayang dibuang, dan teringat pembuatan enzim homemade yang juga berasal dari jeruk-jeruk cantik itu dan juga kegunaan mereka dalam proses perawatan popok, akhirnya water infusion tersebut aku campurkan dalam popok kain yang sudah selesai dibilas  dari sisa pesing dan pup. Hasilnya menakjubkan. popok ku wangi jeruk dan pesing hilang plus lagi warna innser popok juga lebih cerah. Dan saat itu aku tidak menggunakan detergent apapun.

Akhirnya sejak saat itu aku rajin membuat water infusion ini dari jeruk nipis atau lemon  untuk keperluan si popok. Dan tidak aku masukan ke dalam kulkas. hanya aku biarkan bermalam di tempat penyimpanan detergent dalam suhu ruangan selama 2 malam.

WP_20140609_002

Ini resepnya

Water infusion untuk Popok Kain dan female pad

Bahan:

1 bagian Potongan jeruk lemon dan jeruka nipis (salah satu atau keduanya) atau sisa kulitnya dari penggunaan memasak

3 bagian air bersih

1 tempat untuk menyimpan water infusion dengan tutup berlubang (agar tidak dimainkan oleh anak-anak)

 

Cara:

Campurkan semua bahan dan biarkan bermalam 2-3 malam dalam wadah yang bersih dan memiliki tutup tapi tidak rapat.

Cara penggunaan:

Bersihkan semua popok dan pembalut dari sisa air kencing dan pup ataupun darah (dapat dilakukan minimal 2x pembilasan)

Campurkan semua water infusion sebelumnya disaring terlebih dahulu ke dalam ember atau mesin cuci yang yang akan digunakan mencuci popok. Aku mencuci sekitar 14 paket popok kain karena mencuci setiap 2 hari sekali. Baru masukan popok dan pembalut yang hendak dicuci. Rendam 15 menit  Lakukan pencucian dan pembilasan seperti biasa.

Hasil pencucian dan penjemuran adalah

  • tidak ada bau pesing tercium
  • warna inner dan insert bewarna putih menjadi lebih cerah (tetap tidak akan seperti baru loh ya)
  • tidak menghilangkan noda pup secara sempurna.

Penggunaan lain dari water infusion ini adalah sebagai tambahan pada ember penampung popok kotor anda dengan sistem dry pail sehingga tidak meimbulkan bau terlalu menyengat dan sebagai perwatan awal terhadap popok kotor yang terkena pup ( setelah pup dibersihkan dari inner popok). Semprotkan pada ember atau permukaan inner popok yang kotor, biarkan hingga waktu pencucian tiba.

Hebatnya lagi, water infusion ini benar-benar hemat dan mudah. Jangan dibuang buah-buah water infusion itu. Anda dapat menggunakanya kembali untuk membuat water infusion kembali  dengan cara yang sama.

Tapi kalau buahnya sudah lembek dan benyek….dibuang yah mom, ke tanaman saja. bagus untuk pupuk.

Sedikit tambahan. Adakalanya popok kain menjadi lebih bau pesing dari pada biasanya yang disebabkan karena metabolisme anak yang sudah mulai berkembang dan sudah mulai memakan berbagai jesni makanan dan minuman. Hal ini mempengaruhi kualitas air kencing dan pup mereka. Untuk manambah kuat water infusion, terkadang aku tambahnakan 1/4 sendok teh baking sodak atau soda kue untuk16 paket popok kain modern saya, jadi hanya sekitar seujung jari saja atau bisa mencuci dengan menggunakan air hangat. Campuran ini akan menambah kinerja water infusion dalam membersihkan sisa air kencing dan pup lebih mendalam lagi.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

