Martabak – Novita Wahyuningtyas

Bahan martabak:
250 terigu protein sedang (aku pake segitiga biru)
5sdm gula
1 kuning telur
1/2 sdt garam
1 sachet vanili
325ml air (resep asli 1,5gelas aqua)
1/4sdt bicarbonate of soda (aku pake merk tapir)
Cara bikin martabak:
1.masukan terigu,gula,garam,vanili.aduk rata.lalu masukkan kuning telur dan 250ml air.aduk dengan cara dipukul turun naik pake sendok (kurang lebih 5 menit),sambil sesekali diaduk.memang agak kental.
2.terakhir baru tambahkan 75ml air lagi.lalu aduk.
3.diamkan minimal 1 jam supaya martabak bersarang nantinya
4.panaskan teflon dengan api sedang.sampai loyang benar2 panas
5.sambil nunggu loyang panas (harus benar2 panas.kalo ga martabaknya ga mau bersarang cantik)masukkan bicarbonate of soda.aduk rata..
6.tuang ke dalam loyang(tanda loyang udah panas ketika kita nuangin adonan ada bunyi “ceeess” gitu).kecilkan api.tunggu sampai ada sarang2nya atau gelembung2.lalu taburkan gula.tutup teflonnya.tunggu sampai matang
7.angkat.olesi dengan mentega atau margarin sesukanya.taburi topping (aku cuma pake meises aja.bener2 iseng cuma nyobain jadi topping seada2nya aja hehe)
8.kulit luar martabak dioles margarin juga agar martabak tetap lembut walaupun udah dingin

Selamat mencoba ibu2 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s