Nugget

Beberapa kali udah pernah bikin nugget pake macem2 resep, semuanya enak, tapi kalo tekstur memang belum ada yang ngena. Alhamdulillah dapet resep punya #Mbak_Mia_Indriasari dari milis #NCC, Teksturnya bagus, gak padet karena kebanyakan tepung, ayamnya masih berasa, dan juga nggak lembek, pas deh apalagi coatingnya pake breadcrumbs yang kriuk2…hasilnya garing diluar, lembut didalem…ennyaaakkk

Buat yang mau nyoba, ini resepnya ya. Saya cuma pake 1/2 resep dibawah ini, karena stok ayamnya yang ada cuma 550 gram. dan ada metode masak yang saya modifikasi sedikit.Thanks ya Mbak Mia…

#Bahan:
– 1 kg Dada ayam fillet ( saya 550 gr)
– 1 lembar Roti tawar kupas (nggak pake, nggak suka sama bau ragi, jadi saya ganti aja pake tepung terigu
protein sedang 1 sdm)
– 125 ml Susu evaporated tawar (saya pake buttermilk)
– 1 butir Telor utuh
– 1 buah wortel ukuran besar, potong2 dadu
– 50 – 100 gram Keju cheddar, diparut (saya pake satu kotak full keju
cheddar)
– 1 butir Bawang bombay ukuran sedang, dicincang halus
– 3 siung bawang putih
– 1 sachet (= 42 gram) Susu kental manis
– 30 gram Tepung maizena (saya 1 sdm)
– 50 gram Tepung sagu tani (saya 1 sdm)
– ½ sdt Oregano (atau sesuai selera) (saya nggakpake)
– 2 sdm Margarin untuk menumis
– Lada sesuai selera
– Gula pasir sesuai selera
– Garam sesuai selera

#Bahan_Celupan:
– Putih telur (saya pake larutan tepung terigu protein sedang + air matang, supaya minyak tidak berbuih saat menggoreng nugget)
– Bread crumb/ tepung roti yg kasar atau tepung panir biasa

#Cara: (ini cara saya yaaa… )
1. Rendam fillet ayam dengan susu/ buttermilk selama kurang lebih 8 jam (bisa direndam sedari malam
lalu pagi2 dibikin, simpan di wadah tertutup dan masukkan ke kulkas – chiller aja, kalo nggak sabar atau
nggak punya waktu banyak, cukup 1 jam aja )
2. Blender fillet ayam, bawang putih, telor, dan 1/2 buttermilk bekas rendaman ayam. Pindahkan dalam
mangkok besar
3. Tambahkan cincangan bawang bombay, keju parut, dan wortel. Aduk rata
4. Panaskan margarine, masukkan 3 jenis tepung, aduk2 cepat sampai menggumpal. Masukkan sisa susu
rendaman/ buttermilk. aduk2 cepat sampai adonan mengental. Tambahkan garam, lada, dan gula
pasir, aduk rata.
5. masukkan adonan tepung kedalam adonan ayam, tambahkan susu kental manis, aduk rata.
6. Masukkan adonan ke loyang yang telah dialasi daun pisang atau kertas roti, atau loyang silikon yang diolesi minyak sayur. Kukus kurang lebih 40 menit (pengukusnya tutupnya dibungkus kain serbet ya biar airnya tidak terlalu banyak netes ke adonan).
7. Keluarkan dari kukusan, balik adonan ke atas rak agar air dari kukusan keluar semua.
8. Hangat2 lepaskan adonan dari loyang.
9. Biarkan sebentar sampai nugget kukus dingin, potong2. lalu celup kedalam bahan celupan dan coating
dengan breadcrumb. masukkan kulkas minimal 30 menit agar breadcrumb menempel baik pada nugget.
10. Goreng dalam minyak banyak dan api sedang.

#TIPS:
*nugget bisa disimpan dalam freezer. bila ingin digoreng, keluarkan dari freezer dan biarkan pada suhu ruang.
*untuk bayi dibawah usia1 tahun, penggunaan garam, gula dan lada bisa di skip. Susu cair bisa diganti
dengan kaldu hasil rebusan tulang ayam.
*sayur yang dipake bisa macem2 ya, bisa brokoli, bayam, buncis, labu siam, jagung manis, kentang, dll.
*setelah adonan selesai dikukus, langsung bisa dimakan tanpa harus digoreng lagi.
*dengan takaran resep yang saya pake, nugget yang dihasilkan adalah 35 buah dengan ukuran 5x3cm.
HAPPY FRYING!!!

Tinggalkan Balasan

