Terminologi Dunia Popok Kain

Cloth Diaper : adalah bahasa yang sering digunakan untuk mengartikan popok kain modern

Cover diaper: adalah satu jenis popok kain modern dimana dia dapat berdiri sendiri untuk melapisi prefold atau pun fitted diaper agar cairan tidak tembus mengenai pakaian.

Insert: adalah lapisan penyerap yang tebuat dari bahan yang mudah menyerap cairan dengan baik. Digunakan dengan cara dimasukan kedalam pocket diaper

Laundry Tab: adalah pelindung aplix yang harus dipasangkan sebelum popok kain yang menggunakan velcro masuk ke dalam proses pencucian. Letaknya berada di samping male velcro bagian innner.

Soaker Pad: adalah lapisan penyerap yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap cairan dengan baik dan disertai dengan lapisan bahan yang bersifat stay dry. Digunakan dengan cara diletakkan diatas cover diaper ataupun pocket diaper.

Onesize/reguler: adalah ukuran popok kain yang umumnya dapat digunakan untuk bayi dengan berat 3-14 kg dimana popok telah disertai kancing snap untuk mengatur tinggi popok.

Velcro/hook loop/aplix: adalah perekat yang digunakan dan telah terjahit menyatu dengan popok yang berguna untuk merekat popok kain ketika digunakan. kini sudah hadir dengan sebutan side aplix.

Snap: adalah kancing yang mudah digunakan seperti kancing tekan  untuk merekatkan popok kain pada bagian pinggang dan perut tersedia dalam front snap dan side snap.

Stripping: adalah istilah yang digunakan untuk proses pencucian popok dari residu detergent dan amoniac terhadap popok kain modern yang telah lama dipakai dan mengalami kemunduran kualitas, hingga diperlukan perawatan tersebut untuk mengembalikan kemampuan daya serapnya.

Prewash: adalah salah satu proses pencucian popok dari residu kimiawi yang terdapat pada popok kain modern yang baru agar dapat menyerap sempurna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s