Catatan Popok Kain: Jenis-jenis Popok Kain

Pengertian Popok kain

adalah salah satu perlengkapan penting dalam merawat bayi anda. Popok kain merupakan celana yang digunakan untuk dapat menampung cairan dengan baik sehingga tidak mengotori pakaian atau temapt lain pada saat bayi belum dapat melakukan toilet training

Cloth Diaper atau popok kain adalah salah satu jenis diaper yang terbuat dari kain bersifat washable dan reusable. Sifat inilah yang menjadi keunggulan cloth diaper dibandingkan dengan jenis diaper yang lain yaitu disposal diaper. Selain washable dan reusable, cloth diaper lebih bersih karena terbuat dari bahan-bahan yang terjaga dan bukan hasil recycle. Tentu keunggulannya yang satu ini tergantung pada bagaimana kita mencuci cloth diaper hingga benar-benar bersih dari residu detergen.

Saat ini perkembangan cloth diaper sudah sampai pada tahap untuk menyamai kinerja disposal diaper yang mudah digunakan dan berdaya serap tinggi. Inovasi banyak dilakukan dengan munculnya banyak jenis cloth diaper dan dari berbagai macam bahan yang mempunyai daya serap sangat baik, tidak panas dimana kulit bayi dapat bernafas dengan baik dan cepat kering. Karena itu banyak para keluarga yang beralih menggunakan cloth diaper untuk menghemat pengeluaran baik karena mahalnya disposal diaper dan juga alasan kesehatan.

Ada 2 tipe popok kain berdasarkan variasi umum yaitu popok kain tradisional dan popok kain modern. Popok kain tradisional tidak menggunakan elastic, closure ataupun lapisan waterproof dan lapisan stay dry. Dan Popok Kain modern memiliki semuanya selayaknya popok sekali pakai (disposal diaper)

Jenis Popok Kain

Cover diaper

atau lebih jelasnya cover diaper system adalah salah satu jenis popok kain modern dimana popok terdiri dari

  1. cover berbentuk celana yang mempunyai sifat waterproof menggunakan elastik (karet) di sekitar lingkar paha dan pinggang yang dapat dibuka dan ditutup (dipasang) menggunakan snap (kancing) ataupun velcro/aplix  (prepet).
  2. soaker pad yang berfungsi sebagai penyerap dan penampung cairan. Sering hadir dalam 1 set (cover dan soaker) yang dapat dicopot dan diganti.

Keunggulan cover diaper system adalah kemudahan dalam pengeringan cover yang lebih cepat kering dari model pocket diaper system. Soaker dapat menggunakan bahan kain apapun yang menyerap cairan dengan baik. Cover diaper system dapat dipadukan menggunakan flat diaper, prefold dan fitted diaper.

Kekurangan cover diaper system adalah sulit dikenakan bagi anak/bayi sudah aktif bergerak karena umumnya soaker akan bergeser sehingga tidak pada posisi yang benar untuk dapat menyerap cairan dengan sempurna. Namun dapat diatasi dengan menggunakan soaker dan cover yang mempunyai snap untuk menghindari soaker bergeser atau dapat menggunakan fitted diaper atau flat diaper atau prefold.

Cover Diaper system sangat baik digunakan bagi bayi baru lahir (newborn) yang memerlukan frekuensi penggantian popok lebih sering untuk menghidari ruam dikarena kulit bayi baru lahir sangat tipis sehingga tidak dapat menggunakan popok kotor/basah dalam keadaan lama. Sehingga setiap kotor hanya perlu mengganti soaker pad saja.

Fitted diaper

adalah popok kain yang berbentuk celana menggunakan elastik pada bagian pinggang dan lingkar paha   Tetapi tidak mempunyai waterproof layer (outer layer). Terdiri dari beberapa lapis bahan yang berfungsi untuk menyerap cairan di seluruh bagian pantat bayi.

Kelebihan dari fitted diaper adalah baik digunakan untuk bayi yang heavy water karena seluruh bagian popok menyerap cairan dengan sempurna. Dan baik untuk kulit sensitif pada udara panas atau pun bahan sintetis

Kekurangan dari fitted diaper adalah lama kering terutama pada udara dingin. Dengan tidak adanya lapisan outer waterproof membuat cairan mudah tembus. Namun hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cover diaper.

Saat ini jenis fitted sudah mengalami perkembangan yaitu perpaduan fitted diaper dengan pocket diaper. Perkembangan ini ditujukan untuk mengatasi kekurangan fitted diaper sebelumnya yang sulit dibersihkan dan lama kering.

Saat ini terdapat variasi baru dari fitted diaper yang Hybrid Fitted Diaper dimana menggunakan lapisan fleece untuk memberikan fungsi waterproof.

Flat diaper

adalah bentuk awal dari prefold. Terbuat dari bahan katun berbentuk segi 4 yang cukup besar.

Dalam penggunaannya memerlukan extra waktu dan keahlian agar dapat terlipat dengan baik dan pas menutup sempurna. Harus menggunakan peniti atau snappi. Lebih maksimal  jika ditambahkan dengan diaper cover untuk mengatasi tembus keluar.

Flat diaper umumnya mempunyai daya serap yang baik, lebih ekonomis, mudah dalam perawatan baik cuci atau dikeringkan dan multifungsi sebagai doublers insert.

Prefold

umumnya terbuat dari 100% katun, kasa, rami, falnel, birdseye. Terdiri dari beberapa lapis kain yang terjahit menjadi 1 dengan bagian tengah yang lebih tebal dari bagian kanan dan kiri. Bagian tengah yang tebal berfungsi sebagai lapisan penyerap cairan agar tertampung dengan baik.

Dalam penggunaannya prefold harus disertakan dengan snappy, peniti sebagai kancing agar prefold dapat sempurna menutup seperti celana dan tidak bergeser. Prefold tidak memiliki lapisan stay dry ataupun cover anti bocor, sehingga memerlukan diaper cover agar cairan tidak tembus keluar.

Prefold umumnya mempunyai daya serap yang baik, lebih ekonomis, mudah dalam perawatna baik cuci atau dikeringkan dan multifungsi sebagai doublers insert.

 

AIO (all in one) dan AI2 (all in two)

adalah serupa dengan bentuk disposal diaper. Baik AIO dan AI2 mempunyai lapisan stay dry (inner layer) dan water proof (outer layer) dan bagian penyerap cairan yang terjahit menjadi satu kesatuan. Mudah digunakan dengan pilihan elastis dan kancing atau velcro.

AI2 adalah bentuk pengembangan dari AIO yang dirasakan kurang dalam hal daya serap. Pada AI2 terdapat soaker pad tambahan yang dapat dipasang diatas inner layer, agar diaper dapat menyerap cairan lebih banyak.

Lapisan outer /cover terbuat dari bahan PUL, atau procare, fleece atau wol. Lapisan inner terbuat dari suede, microfleece atau katun. Mempunya elastis dibagian pinggang dan paha berguna untuk mengatasi kebocoran samping.

AIO dan AI2 mudah digunakan dan lebih nyaman. Tetapi lebih mahal, lama kering dan memerlukan perawatan khusus agar umur popok dapat tahan lebih lama dan lebih bersih hingga kedalam bagian lapisan penyerap cairan.

Pocket diaper

adalah bentuk pengembangan baru dari jenis AIO, dimana diaper diharapkan dapat menyerap carian dengan baik, mudah dibersihkan dan dikeringkan, mudah dalam perawatan dan dapat dijadikan fungsi lain sebagai diaper cover. Terdapat closure/bukaan untuk memasukan lapisan/ bahan penyerap cairan yang disebut dengan insert.

Sama seperti AIO dan AI2, pocket diaper sudah memiliki lapisan stay dry (inner layer) dan waterproof (outerlayer), pengkait berupa velcro atau kancing dan elastis pada bagian pinggang dan paha. Keunggulan dari pocket diaper adalah bagian atau lapisan penyerap cairan yang mudah dilepaskan dan dibersihkan yang dapat digunakan dengan diletakan diatas inner layer atau didalam pocket. Insert ini mudah dicuci dan dikeringkan.

Insert dapat menggunakan bahan apapun yang ada seperti flat diaper atau prefold. Penggunaan mudah, rapi dan ramping seperti AIO dan AI2. Tetapi memerlukan extra waktu untuk memasukan insert ke dalam pocket. Umumnya tersedia dalam onesize yaitu satu celana untuk semua ukuran dari S-M-L.

Pocket diaper dapat digunakan menjadi pocket diaper system atau sebagai cover diaper dengan meletakan soaker pad (lapisan penyerap cairan) diatas lapisan inner.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s