Catatan Harian Popok kain: Cara Sehat Menggunakan Popok Kain

Ternyata dari sekian banyak pengguna popok kain, masih ada beberapa yang tidak yakin pada fungsi dan manfaat dari popok kain bagi kesehatan. GLI ingin berbagi tentang tips dan trick penggunaan popok kain agar dapat berfungsi lebih baik bagi kesehatan penggunanya.

 

Jangan malas untuk mengganti popok kain yang belum kotor

Banyak ibu dan perawat anak (baby sitter, ART atau relatives) yang kadang malas mengganti popok yang sedang dipakai jika popok tersebut belum kotor atau belum basah dalam waktu berjam-jam. Sama seperti disposal diaper, penggunaan popok kain pun juga mempunyai aturan penggunaan. Sebaiknya jangan pernah menggunakan popok kain yang sama lebih dari 6 jam. Terutama popok kain yang mempunyai lapisan luar yang bersifat waterproof. Berikan waktu bagi kulit bayi untuk bernafas dan dalam keadaan kering beberapa saat sebelum kembali memasangkan popok kain yang bersih. Dengan sering mengganti popok kain akan menghindari kulit bayi berada dalam kondisi lembab terlalu lama yang akan menyebabkan ruam dan berkembangnya bakteri. Ingat! Kulit bayi sangat lembut dan tipis, sehingga kita tetap perlu menjaganya tetap kering.

 

Bersihkan dan keringkan dengan benar kulit bayi sebelum mengenakan popok kain

Setiap kali mengganti popok kain, jangan lupa membersihkan kulit bayi dengan bersih dengan air yang cukup, sebaiknya dengan air mengalir. Sabuni dan bilas yang bersih jika terkena kotoran padat. Jangan menganggap remeh proses membersihkan dan mengeringkan kulit bayi, karena proses ini adalah yang terpenting untuk menghindari bayi dari ruam dan infeksi karena bakteri. Jangan menyeka terlalu sering atau keras jika menggunakan kain atau tissue karena akan membuat kulit bayi menjadi lecet. Karena itu sebaiknya membersihkan dengan air mengalir. Cara mengeringkan cukup dengan ditekan-tekan dengan handuk yang lembut dan menyerap dengan baik.

 

Jangan terlalu lama menggunakan popok kain berlapis waterproof

Berikan waktu bagi kulit bayi untuk bernafas, jadi jangan terlalu lama menggunakan popok kain berlapis bahan waterproof. Bukan berarti anda tidak bisa menggunakan popok kain berbahan waterproof tapi sebaiknya dalam sehari ada waktu bagi kulit bayi untuk bernafas. Siapkan popok kain jenis fitted atau celana pop sebagai pengganti. Jangan gunakan lebih dari 6 jam popok kain berbahan waterproof.

 

Sebaiknya cuci popok kain anda setiap hari

Sebaiknya cuci popok kain anda dan jemur hingga benar-benar kering dibawah terik matahari setiap hari. Jangan biarkan popok kain anda dalam keadaan lembab atau direndam terlalu lama. Keadaan lembab dan perendaman yang terlalu lama justru tidak menghilangkan bau pesing, tetapi justru menambah kuat bau yang sudah ada akibat bakteri yang berkembang. Perendaman yang terlalu lama justru akan mengurangi umur popok kain anda karena menjadi cepat lapuk. Jemur hingga benar-benar kering dibawah terik sinar matahari. Sinar matahari adalah pembersih alami yang menghilangkan bau dan bakteri. Jangan lupa untuk membilas hingga sisa busa benar-benar hilang. Ini akan mempertahankan daya serap popok kain.

Jadi kita sendirilah yang menentukan dari kebersihan popok, sehingga lebih terjamin jika dibandingkan dengan disposal diaper.

Selamat beralih ke popok kain,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s