Buah Lerak alternatif cairan pembersih aman lingkungan

Pernah mendengar buah atau biji lerak atau klerak? akhir-kahir ini ini buah lrak ini menjadi buah bibir di kalangan pengguna  alternatif green detergent.

lerak-2

Buah lerak ini banyak ditemui di Pulau Jawa dan dahulu digunakan sebagai pencuci pakaian. Sekarang lebih sering digunakan untuk mencuci bahan batik karena dapat menjaga warna dan bahan batik lebih lama.

Lerak (terutama Sapindus rarak De Candole, dapat pula S. mukorossi) atau dikenal juga sebagai rerek atau lamuran adalah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Batik biasanya dianjurkan untuk dicuci dengan lerak karena dianggap sebagai bahan pencuci paling sesuai untuk menjaga kualitasnya (warna batik).

Biji lerak mengandung saponin, suatu alkaloid beracun, saponin inilah yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai bahan pencuci, dan dapat pula dimanfaatkan sebagai pembersih berbagai peralatan dapur, lantai, bahkan memandikan dan membersihkan binatan peliharaan. Kandungan racun biji lerak juga berpotensi sebagai insektisida. Kulit buah lerak dapat digunakan sebagai wajah untuk mengurangi jerawat dan kudis.

Saya sudah mencoba untuk mandi dan keramas. Hasilnya lebih baik dari pada menggunakan soda kue dan cuka.  Terasa lebih kesat di rambut dibandingkan menggunakan sampoo biasa tetapi menghasilkan rambut lebih bercahaya dan lembut. Sabun ini lebih lembut dikulit daripada soda kue dan cuka.

Keunggulan buah lerak:

  1. 100% pengganti normal detergents, sabun ,shampoo, pembersih lantai dll
  2. highly-effective and gentle
  3. allergy-free
  4. chemical free
  5. ecological
  6. economical

Sabun Cair Lerak

Bahan
  1. 15-20 buah lerak
  2. 6 cangkir air (250 ml/cangkir)
Alat:
  1. Panci stainlis steel yang dapat menampung 2 liter air
  2. wadah atau botol dengan tutup sebagai tempat menyimpan
  3. Saringan
Cara:
  1. potong biji lerak kecil-kecil dan sisihkan bijinya
  2. campur potongan buah lerak dengan air 6 cangkir dan masak hingga mendidih dengan api sedang. Masak hingga air menjadi 1 ltr
  3. Diamkan hingga dingin lalu saring dan peras dan masukan kedalam wadah.

Penggunaan:

Popok Kain

Campur 2 sdm sabun cair lerak kedalam 1 ember regular air untuk mencuci popok, tambahkan langsung pada popok yang terkena kotoran padat yang membandel untuk mengangkat lemak dan bau. Noda akan hilang / memudar dengan dijemur menghadap matahari.

Pakaian

Campur 1/4  cankir (100ml) sabun cair lerak ke dalam 1 ember air untuk mencuci pakaian.

Pembersih lantai

Gunakan biji lerak yang sudah digunakan untuk membuat sabun cair. Rebus kembali  dengan 2 liter air hingga berbusa, Diamkan dan siap digunakan untuk pengganti pembersih lantai. 1 sendok makan untuk 1 ember pel.

Sabun dan shampo

Tuang secukupnya pada telapak tangan dan busakan. Gunakan pada rambut dan kulit yang sudah dibasahi air, hindari mata karena cairan ini pedih untuk mata. Lalu bilas seperti biasanya anda mandi.

Pencuci Piring

Basahi spon dengan sabun cair lerak lalu busakan dan siap digunakan untuk mencuci perangkat makanan dan dapur.

Catatan:

Sabun ini dapat bertahan 1 bulan jangan diletakan pada tempat yang mendapat matahari langsung, Jangan ditutup dengan rapat selama 2 minggu, agar udara atau gas yang timbul dapat keluar. Setelah itu dapat ditutup dengan rapat.

Penggunaan sabun ini dapat menjadikan bahan put!ih sedikit menggelap/menguning (off white)

Tambahkan air jeruk lemon atau jeruk nipis 3 sdm untuk menambah awet umur sabun cair lerak.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s