Catatan harian popok kain: 2 tahun

Dalam beberapa hari lagi hanif akan berusia 2 tahun. Dan sudah tidak terasa itu artinya aku sudah menggunakan popok kain modern sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi pekerjaan rumahku dalam mengurus anak, keuangan dan laundry.

Selama 2 tahun tersebut, ada beberapa kesimpulan bisa aku ambil, dan semoga bermanfaat bagi para ibu untuk mempertimbangkan popok kain sebagai alternatif meninggalkan disposal diaper.

  1. Popok kain memang mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga dibandingkan dengan pembelian popok sekali pakai. Mengurangi sampah rumah tangga sekalipun anda menggunakannya hanya untuk keperluan jalan-jalan ataupun tidur malam. Mengurangi pekerjaan rumah tangga terutaman dalam hal laundry. Karena mengurangi jumlah pakaian dan waktu yang terbuang untuk mencuci dan mengepel (saya seorang muslimah, jadi saya perlu pakaian dan rumah bersih dari najis)
  2. Sebagian merasa popok kain modern sangat mahal, sehingga popok sekali pakai terasa lebih murah dan tanpa perlu penanganan khusus. Sebenarnya saat ini popok kain modern sudah mempunyai banyak varian yang harganya semakin terjangkau. tapi kembali harus diingat ada harga ada kualitas barang. Jadi sebagai orang tua tinggal memutuskan popok kain seperti apa yang sesuai.
  3. Pencucian dan perawatan popok kain modern ternyata sangat lah mudah. Awalnya saya mencuci popok kain koleksi saya dengan tangan, menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan dengan memasukkannya pada laundry net (kecuali insert). Saya hanya menggunakan 1 sdt detergent biasa untuk 1 ember air. Tidak menggunakan pemutih klorin dan tanpa pewangi dan pelembut. Akhirnya saya menyerahkan semua tugas membilas dan mencuci kepada mesin cuci saya tanpa laundry net sama sekali. Seluruh popok dibilas 1 cycle daribekas pee dan sisa pup ( sebelumnya pup sudah dibuanf). Setelah selesai 1 cycle lagi untuk mencuci ya denga detergen hingga pembilasan dan pengeringan. Kunci utama aga popok anda awet dengan. Mencuci dengan mesin cuci adalaha mencuci hanya untuk popok. Saja, jangan dicampur dengan pakaian lain, pasang laundry tab dengan benar . Anda bisa menggunakan. Detergent biasa atau khusus atau tidak sama sekali, yang utama adalah cukup air.
  4. Sediakan berbagai jenis popok dari tradisional hingga modern. Terkadan ada saat dimana jenis. Popok. Modern lebih diperlukan dibandingkan dari popok modern atau sebaliknya. Baik dari segi system popoknya atau dari segi bahan. Karena pada saat udara dingin atau panas, dalam rumah atau bepergian akan memerlukan popok berbeda-beda,sama halnya dengan pakaian.
  5. Jangan khawatir tentang hal kecil seperti “popok saya tidak sengaja diseterika, atau dicuci dengan pelembut atau pewangi atau menggunakan pemutih atau mengeluarkan bau atau tidak lagi bewarna putih bersih”. Segala sesuatu yang digunakan berulang kali akan mengalami penurunan kualitas. Jika sesuatu terjadi, cukup diperiksa apakah masih dapat dimanfaatkan, masihkan menyerap dan menampung, jika tidak bisa, mungkin perlu dilakukan stripping, jika tidak bisa  juga artinya dapat digunakan dengan cara yang lain. jika rusak secara keseluruhan artinya anda harus belajar merelakan. Setidaknya dia tidak dipakai sekali lalu langsung dibuang, tapi sudah dimanfaatkanb erkali-kali sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah
  6. Menggunakan popok kain mengurangi pembelian pakaian baru dan tidak memerlukan aksesoris yang banyak.
  7. Tutup mata kalau melihat OS lain menjual produk popok baru yang lucu-lucu. Berpopok kain kadang membuat orang ketagihan loh.

Selamat menggunakan popok kain. it’s easy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s