Cara merawat dan menggunakan BreastPad

Selain popok kain, kini telah ada pengganti disposal breastpad. Berfungsi sebagai penampung cairan ASI yang keluar ketika proses menyusui berlangsung. Cloth breastpad dapat dicuci dan digunakan kembali. Sehingga lebih hemat.

252845_151753078229861_100001855097591_321316_7458658_n

Cara menggunakan

Sama seperti popok kain, cloth breastpad dapat digunakan untuk menampung ASI, hanya saja karena ukurannya tipis dan mungil tidak dapat digunakan lama. Hal ini disebabkan karena jumlah ASI masing-masing pengguna berbeda-beda. Bergantung pada jumlah ASI yang keluar.

Cloth breastpad digunakan dengan cara menyelipkannya ke dalam pakaian dalam (bra) anda dengan bagian inner menghadap ke dalam atau menyentuh kulit.

Sebelum menggunakan cloth breastpad baru, lakukan prewash selayaknya popok kain baru untuk membersihkan sisa kimia dan produksi.

Ganti setiap kali breastpad anda telah basah oleh ASI untuk menghindari bakteri dan bau yang akan muncul akibat ASI yang tertampung dalam breastpad.

Cara membersihkan

ASI berbeda dengan air kencing bayi, sehingga cara mencuci cloth breastpad berbeda dangan popok kain.

Lakukan pembilasan cloth breastpad setiap kali anda sempat setelah menggantinya dengan yang bersih.

ASI mengandung lemak sehingga ketika dibiarkan hingga mengering pada cloth breastpad akan terjadi pengendapan dan membuat cloth breastpad sulit dibersihkan dari endapan dan noda.

  1. Sebelum mencuci lakukan pembilasan dengan tangan hingga air bilasan tidak terlalu putih karena ASI.
  2. Rendam cloth breastpad yang sudah dibilas dalam air yang telah diberi detergent. Rendam hingga detergent terlihat mulai bekerja. Kucek dengan tangan tanpa disikat. Sikat akan merusak lapisan bahan cloth breastpad.
  3. Bilas kembali cloth breastpad hingga air bilasan bewarna bening, tidak putih.
  4. Jemur dengan inner menghadap matahari.

Seperti sebelumnya, ASI tidak sama dengan air kencing bayi, sehingga perlu detergent khusus dan perawatan khusus. Cara mencuci terbaik adalah dengan menggunakan tangan, namun jika dalam keadaantertentu tidak memungkinkan, bilas terlebih dahulu cloth breastpad dari ASI yang mengendap, lalu berikan detergent dan kucek. Masukan kedalam mesin cuci untuk diproses lebih lanjut. Sebaiknya tidak menggunakan pelembut dan pewangi karena dapat mengendap dan merusak kemampuan cloth breastpad dan masuk ke dalam mulut bayi.

Adapun detergent yang ampuh dalam membersihkan cloth breastpad adalah detergent cair. Pilih detergent cair yang mudah dibilas dan tidak terlalu berbusa. Atau anda dapat membuatnya sendiri disini.

Cara stripping Breastpad

Jika breastpad anda sudah mengalami bau dan warna yang tidak menarik lagi dapat distripping dengan merendamnya di air hangat dengan dicampur detergent cair. Kucek hingga berbusa, lalu bilas dengan air hingga air bilasan menjadi bening. Anda akan terkejut karena air biasalan awal akan bewarna abu-abu bahkan hitam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s