Tape Singkong (by MACHE YUFRITA NOGE)

Aku pake frozen singkong krn lebih praktis “males

ngupas2 n disini belum tentu dapat singkong bagus krn kebanyakan import dari

Pakistan ato Brazil ”

Anyway, Defrost dulu singkongnya didalam kulkas (kira2 2hari

agar terdefrost sempurna)

Kalo pake singkong segar, pilih singkong yg bagus, setelah

di kupas, kerat2/kerik permukaan singkong yg mengkilat dibawah air yg ngalir

(agar permukaan yg dikerik bersih dari singkong)

Kukus singkong sampe empuk “pastikan kukusan benar2

bebas dari minyak dan garam”

Setelah empuk, matikan api kompor dan biarkan singkongnya

dingin didalam kukusan (suhu ruang) lalu letakkan singkong diwadah yg bersih

(aku pake aluminium foil) lalu taburi sedikit gula hingga rata. Kemudian, ambil

ragi tape dan gosok2kan disaringan yg bebas minyak dan garam ke atas singkong

tadi (saya memang sediain 1 saringan yg khusus dipake utk nyaring ragi tape)

Kalo raginya keras seperti ragi yg saya pake (ragi Cina), saya masukkan raginya

dalam plastik kecil (double platiknya biar ga bocor) lalu saya tumbuk. Gitu

hancur/halus, ditabur diatas singkong dg cara di ayak.

Setelah itu masukin singkong yg udah beragi ke dalam wadah

kedap udara yg sudah dialasi dg daun pisang (pastikan wadahnya juga bebas

minyak dan garam)

Setelah semua singkong udah masuk, tutup lagi dg daun pisang

lalu cling film dan terakhir tutup rapat dg penutupnya.

Bersambung…..

Setelah singkongnya tertutup rapat, maka bungkus wadah tadi

dg kain hangat dan simpan ditempat hangat selama maksimum 3 hari. Jangan

dibuka2 agar proses fermentasinya ga terganggu. Karena saya berada dinegara yg

beriklim dingin, maka tapenya saya letakkan dikamar yg hangat dan didekat

heater.

Tape ini saya bikin malam Senin, Alhamdulillah malam Kamis

sudah jadi dan manis sekali. Silahkan dicoba ya ibu2, mudah2an sharing-an saya

ini berguna

Maaf kalo beda cara bikinnya dg cara ibu2 pakar lainnya,

saya bikin tape awal tiba disini, tadinya coba2 aja, maklum, disini ga ada

tempat utk berguru bikin penganan traditional begini Tapi gitu berhasil,

waaaah…. Jadi terus menerus semangat bikin peuyeumnya, hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s