Sate Padang by MACHE YUFRITA NOGE

Bahan:

1 kg daging sapi utuh yg agak berurat (saya ga suka lidah

atau jerohan kalo utk Sate Padang, jadi pakai daging sapi saja :))

Asam jawa 1 mata (harusnya asam kandis, tetapi saya lebih

suka pakai asam jawa :))

Tusuk sate

Air secukupnya

Garam dan gula

Bumbu halus:

Bawang merah 5 butir

Bawang putih 3 siung

Cabe merah 2buah

Cabe rawit 5 biji ( kurangi atau tambahi sesuai selera)

Kunyit 1 ruas jari

Jahe 1 ruas jari

Lengkuas, 1 ruas jari

Ketumbar 2 sdm

Jinten 1 sdm

Rempah daun:

Daun jeruk 3 lembar

Daun kunyit 1 lembar

Sereh 1 batang

Minyak oles:

Gajih/lemak sapi 100 gr

Minyak goreng 4 sdm

Bawang merah 3 butir, iris halus

Jahe 3 iris tipis, cincang halus

Merica dan garam secukupnya

Tambahan bahan saos/kuah kental:

Tepung beras 1 cup “kira2 aja sesuai banyaknya sisa

kuah rebusan daging tadi”

Tepung tapioca/maizena 1 sdm (ga pakai juga ga pa2)

Air utk melarutkan tepung secukupnya.

Bahan pelengkap:

Lontong dan bawang goreng

Cara:

Ungkep daging 2 hari sebelum dibakar agar bumbunya meresap

ke dalam daging.

Blender semua bumbu halus dan sisihkan

Panaskan air 1/2 panci hingga mendidih lalu masukkan bumbu

halus, rempah daun, asam jawa, garam dan gula. Ga lama setelah itu, masukin

dagingnya.

Biarkan mendidih hingga 20 menit dan matikan kompornya.

Keesokan harinya panasi lagi hingga mendidih lalu angkat dagingnya dan potong2

sesuai selera. Masukkan kembali potongan daging tadi ke dlm kuahnya dan biarkan

dingin “agar bumbunya meresap”

Setelah dingin, saring kuahnya ke dalam panci lain dan

biarkan hingga kuahnya benar2 ke saring semua.

Setelah itu, pindah kan potongan2 daging yg sudah disaring

tadi ke dalam wadah dan aduk rata “agar sisa bumbu yg ke saring bisa

kebalur dg dagingnya” Buang rempah daunnya dan mulai nusuk potongan2 sate

ke tusukan sate dan sisihkan.

Minyak oles:

Panaskan minyak goreng, lalu masukkan gajih yg sudah dibalur

dg garam dan merica, oseng2 hingga lemaknya menciut lalu masukkan irisan bawang

merah dan jahe. Terus menggoreng hingga bawangnya kecoklatan. Angkat dari

kompor dan masukkan sedikit minyak goreng yg dingin “kira2 1 sdm utk

menghindari bawangnya hangus”

Angkat gajih yg udah digoreng tadi dan cemplungi gajihnya

kedalam kuah bumbu hasil rebusan daging tadi.

Utk saos/kuah kentel:

Panaskan kembali kuah bumbu hingga mendidih dan gajihnya

ngembang lagi. Setelah itu, angkat dan biarkan kuahnya dingin.

Campur tepung beras dan tepung tapioca, lalu masukkan air

dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan ke dalam kuah berbumbu yg sudah dingin.

Buang gajihnya, Lalu didihkan diatas api sedang sambil terus diaduk2 hingga

kental “jangan sekali2 ninggalin kuah kentel ini krn kalo ga diaduk2

terus, tepungnya akan ngendap didasar panci dan misah dg kuahnya”

Angkat sebentar dari api, lalu cicipi, tambahi garam dan

gula kalo kurang asin. Kemudian panasi lagi sambil diaduk2 terus hingga meletup

letup dan angkat. Jika perlu saring kembali agar kuahnya smooth (ga berbutir,

tetapi kalo adukannya bagus, Insya Allah ga akan berbutir2 dan ga perlu

disaring)

Bakar sate yg sudah ditusuk tadi hingga kecoklatan/sebentar

saja “sebelum dibakar, satenya dibalur dg minyak oles

terlebih dahulu agar satenya tidak kering”

Sajikan sate Padang dg bahan pelengkap dan enjoy

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s