Natural Homemade enzim

Berawal dari keinginan untuk membuat detergent dan pembersih rumah yang aman dan alami dan juga hemat dikantong, Saya memulai untuk mencari berbagai informasinya dari mr google. Dari pencarian tersebut saya menemukan resep enzim ini.

Enzim berdasarkan wikipedia Enzim adalah biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat, yang disebut promoter. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan oleh hormon sebagai promoter.

Enzim mempunyai manfaat yang banyak sekali diataranya adalah sebagai pembersih. Karena enzim ini terbuat dari bahan alami, saya merasakan enzim ini aman dikulit. Saya sudah mencoba menggunakannya dalam mencuci piring dan laundry, terutama mencuci pakaian anak-anak dan popok mereka. Satu kata yang bisa saya ucapkan. SAYA PUAS. Enzim ini bekerja sangat baik dalam membersihkan noda makanan dan bau. Enzim yang saya buat, terbuat dari jeruk lemon, dan memberikan wangi segar yang menyenangkan, benar-benar fresh. Walaupun banyak artikel yang menyatakan enzim tidak baik bagi kulit bayi, tapi setelah 2 minggu penggunaan, anak-anak saya tidak mengalami permasalahan apa-apa, bahkan bau pesing dari pee dan warna kecoklatan dari sisa pup yang sulit sekali hilang dapat terangkat dengan mudah (Hanif masih menggunakan popok kain dalam usia 24 bulan, saya belum siap untuk toilet training). Saya melakukan pembilasan 2x, dan wangi segar si enzim ini pun juga ikut hilang setelah dijemur (padahal saya sangat berharap wangi itu tetap ada walaupun pakaian telah diseterika)

Berikut Resep Enzym yang saya gunakan.Saya membuatnya 2x dari resep yang disarankan, karena mengingat lamanya waktu pembuatan yaitu 3 bulan.

Alat:
Botol Minyak ukuran 5 liter dengan 2 tutup (ada yang kecil dan ada yang besar untuk diluar)
Alat untuk memasukan cairan ke dalam mulut botol (lupa namanya)

Bahan:
14 SDM Brown sugar
5 cup kulit jeruk lemon (jika malas masukan saja jeruk lemon yang sudah dipotong kecil-kecil sehingga dapat masuk ke dalam mulut botol)
2 liter air

Cara Pembuatan

  1. Campur semua bahan ke dalam botol. Kocok hingga seluruh gula larut.Berikan catatan tanggal pembuatan enzim dan kapan proses pembuata enzim selesai dan dapat dipakai.
  2. Tutup botol dengan tutup luar, tidak perlu terlalu rapat, karena larutan ini akan mengeluarkan gas. Dengan tutup yang tidak terlalu rapat memberikan gas jalan keluar untuk menghindari botol meledak.
  3. Kocok larutan dalam botol dalam seminggu pertama 2-3x sehari untuk memastikan larutan berproses sempurna dan merata juga melihat keadaan botol agar tidak meledak.
  4. Tutup rapat botol setelah melalui minggu ke dua. Jangan lupa untuk memeriksanya sekali waktu. Dan simpan di dalam ruangan yang tidak terkena cahaya matahari langsung.
  5. Setelah 3 bulan enzim anda siap digunakan.
  6. Keluarkan dan saring enzim dari sisa-sia kulit jeruk dan tempatkan didalam botol dengan tutup rapat. Jangan dicium langsung yaa. bau segar jeruknya benar-benar menyegat.

Notes: Jika anda tidak sabar menunggu selama 3 bulan, anda dapat mempercepat proses pembuatan enzim ini dengan mencampurkan 1 sdt yeast/ragi kedalam larutan (tahap 1). Cara ini dapat mempercepat proses pembuatan enzim menjadi 2 minggu. (Jujur saya belum coba yang ini, hehehe. Tapi sepertinya akan segera saya lakukan mengingat proses pembuatan enzim dan waktu penggunaannya yang tidak sebanding. si mbak boros banget sih)

Enzim ini dapat dibuat menggunakan sisa sayur dan buah lain yang ada.

Penggunaan Enzim pada cucian
Popok Kain Modern dan tradisional
1 tutup botol (tutup botol detergent cair) atau 30 ml
2 sdm detergent (ultraco nih) atau mungkin bisa gunakan detergent lain yang biasa digunakan dengan takaran yang dianjurkan produsen popok.
12-20 paket popok kain kotor yang sudah dibilas bersih (cucian 2 hari nih)
1 ember air

Campur air dalam ember dengan detergent dan enzim. masukan popok kotor yang sudah dibilas, Rendam sekitar 1/2 jam. kucek atau giling dengan mesin. Lalu bilas deh. Tidak ada lagi proses peras memeras jeruk nipis untuk noda pup yang membandel. Mungkin lain waktu aku akan coba enzim  ini dengan baking soda, kalau si ultraco habis.

Mencuci handuk dan baju
Lakukan dengan proses mencuci biasa dengan menambahkan enzym 1 tutup botol untuk 1 ember cucian atau 2 tutup botol untuk pakaian sangat kotor dan super bau. hehehe

Berikut beberapa artikel yang dapat menjadi masukan bagi anda untuk menjadikan enzim ini sebagai salah satu pembersih rumah yang aman.

  1. http://ecocrazymom.com/homemade-citrus-enzyme-cleaner-recipe/
  2. http://www.wikihow.com/Make-Enzyme-Cleaner
  3. http://happyhomemaker88.com/2009/05/02/recipe-for-homemade-citrus-enzyme-a-natural-cheap-effective-all-purpose-cleaner/
  4. http://www.onegoodthingbyjillee.com/2012/03/make-your-own-citrus-enzyme-cleaner.html
  5. http://www.thecheapandchoosy.com/2012/05/citrus-enzyme-cleaner.html

SELAMAT MENCOBA, IT WORTH!!

2 thoughts on “Natural Homemade enzim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s