Shampo alami untuk rambut rontok dan berketombe

Bisa dikatakan saya sudah mulai muak dengan semua produk shampoo dan perawatan rambut yang menyebutkan untuk mengobati kerontokan dan ketombe.

Saya memiliki rambut normal yang bergelombang dan kering diujung. Ketika saya beralih ke produk shampoo mengatasi rambut rontok, justru rontoknya makin menjadi dan rambut terasa berminyak dari akar hingga ke ujung rambut. Belum lagi muncul ketombe dan ujung rambut tetap pecah-pecah. Diberi perawatan produk perawatan rambut, semakin tidak memberikan hasil apa-apa selain pengeluaran percuma untuk waktu dan uang. Bahkan ke salon untuk treatment pun tidak memberikan hasil. Benar merupakan pembuangan energi.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencari alternative pengganti shampoo yang alami. Saya berniat mencoba dengan bahan yang mudah didapat dan tidak merepotkan dalam pembuatannya. Akhirnya saya menemukan di beberapa blog yang menggunakan Baking Soda dan Apple Vinegar sebagai pengganti shampoo dan conditioner. Untuk Apple vinegar dapat diganti dengan cuka putih dan saya menemukan bahwa jeruk nipis atau lemon juga dapat menggantikannya.

Saya memutuskan untuk mencobanya, dengan konsekuensi yang kecil, karena seluruh bahan mudah didapat di dapur dan mudah dibuat juga sangat ekonomis, dibandingkan produk perawatan rambut lain yang sudah saya coba, dari yang mengaku alami hingga ampuh.

Resep pembersih bagi rambut rontok dan atau berketombe

Shampo
1 sdm baking soda
250 ml air (gunakan air yang bersih)

Conditioner
1 sdm Apple vinegar/ cuka apple ( dapat diganti dengan cuka putih/cuka dapur atau dengan sari jeruk nipis atau lemon)
250 ml air (gunakan air yang bersih)

Notes: takaran air dapat ditambah jika rambut anda termasuk kering dan rapuh.

Larutkan Baking soda hingga benar larut simpan dalam botol yang bersih.
Larutkan cuka apel dengan air hingga benar-benar larut simpan dalam botol.
Gunakan shampoo (baking soda) pada rambut yang sudah dibasahi, pijat dengan lembut dari akar hingga ujung rambut. Biarkan kira-kira 2 menit lalu bilas hingga bersih.
Lalu gunakan conditioner (cuka apel) dengan membasahi tangan dengan larutan dan membalurnya pada batang rambut dari akan hingga keujung. Jangan mengenai kulit kepala, karena akan menyebabkan kulit kepala memproduksi minya berlebih sehingga membuat rambut terasa berminya. Diamkan semalam 2 menit lalu bilas hingga bersih.

Setelah penggunaan pertama kali, rambut saya langsung berhenti dari kerontokan, sedikit terasa kaku tetapi tidak kering bahkan terasa lembab dan tidak kering dibagian ujung rambut. Sisir saya juga bersih dari rambut rontok dan lemak-lemak dari rambut. Pertama kali saya menggunakan cuka dapur sebagai conditioner. Rambut juga terasa bersih walaupun sudah seminggu. Memang perawatan ini tidak menghilangkan rasa gatal pada bagian kepala yang ditumbuhi dengan uban atau saat berkeringat, tapi tidak memberikan bau tidak menyenangkan seperti ketika saya menggunakan perawatan rambut yang ada pasaran. Perawatan ini disarankan hanya boleh digunakan maksimum 2x seminggu. Jadi saya merasa sangat puassss.

Untuk mengatasi rasa kaku pada rambut, saya menggunakan minyak kelapa atau VCO sebelum berkeramas. Terkadang jika rajin saya menggunakan vitamen E untuk batang rambut setelah rambut setengah kering. No more hair treatment ke salon. Heheheh. Mudah yaaa

Tips: jika anda mempunyai botol spray yang bersih, dapat digunakan untuk menyemprotkan conditioner ke batang rambut anda, sehingga lebih mudah dan mengurangi conditioner terbuang.

8 thoughts on “Shampo alami untuk rambut rontok dan berketombe

  1. Untuk ketombenya gimana tuh, apalagi saya memakai kerudung. .?? Apakah bisa benar2 hilang itu ketombe. ?? Untuk shampoo, apakah baking soda tdi dikocok dlm botol atau didiamkan hingga benar2 larut sendiri. ?? Tlg djwb, thanks

    • saya berkerudung. tidak ada masalah dengan ketombe juga. hanya saja penggunaan shampoo ini harus diiringi perawatan juga. agar rambut mendapatkan nutrisi. shampoo ini hanya untuk menetralisir keadaan rambut dari ketombe.
      baking soda larut dalam air.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s