My First Handmade cloth diaper

Terinspirasi dari Mbak Rika dari Rumah Popok dan Mbak Indah dari Gee Gallery, akhirnya aku niat browsing di internet tentang pembuatan cloth diaper. Banyak blog dan web yang mengajarkan tentang cara mebuat cloth diaper dengan berbagai macam cara, pola dan bentuk dari youtube sampai blog pirbadi. Setelah mendapatkan pola cloth diaper yang aku cari dan free, akhirnya aku coba untuk membuatnya. Hasilnya memang tidak sebagus dengan cloth diaper yang aku jual, tapi untuk pemakaian di rumah, aku sudah sangat puas. Karena aku bisa berhemat untuk mengurangi pembelian disposal diaper setiap bulannya yang biasa aku gunakan untuk malam hari. Biasanya kalau siang hari aku menggunakan cloth diaper model prefold-flated, jadi kain persegi empat yang aku lipat sehingga bisa menutupi pantat anakku lalu di bungkus dengan diaper cover. Paling tidak bisa bertahan untuk 3-4 jam dan mengurangi pekerjaan mencuci akibat cairan si kecil anakku yang ke 3 ini sering merembes kemana-mana, dari seprei, bajuku sampai alas bermain dan gendongannya.

Cloth diaper yang aku buat ini modelnya berupa pocket yang dapat diisi dengan insert dari kain persegi yang aku punya antara lain, tetra, bahan kaus, flanel dan selimut bayi sudah kekecilan. Bahan yang aku pakai untuk outer terbuat dari bahan flanel yang aku dapat dari anak pertama ku yang sudah 4 tahun. Bahan ini awalnya untuk membungkus si bayi waktu masih 0-2 bulan, tapi yah berhubung anak2ku cepat besar jadi jarang terpakai, apalagi kualitas bahannya yang tidak meresap air dan cenderung menampung air karena itu aku jadikan sebagai outer. Bagian dalam diaper aku buat dari bahan kaus yang sudah lama dibelikan adikku untuk anakku yang ke dua. Bahan kaus ini juga sisa dari bahan untuk membuat gendongan bayi. Velcro aku ambil dari guritaku yang sudah tidak terpakai karena karetnya sudah pada melar. yah namanya anak sudah tiga dan dipakai sehari-hari jadi pastinya melar juga. Intinya modal untuk membuat cloth diaper ini tidak banyak hanya untuk membeli benang dan karet/elastis. Oh iya….lupa sama si sama mesin jahitnya….

020

Mesin jahit jadul yang aku beli waktu resign dari kantor, aku beli dengan harga Rp. 500 ribu di pasar jati negara. Hehehe, Alhamdulillah dapat bekerja dengan baik.
Satu lagi yang sangat membantu dalam pembuatan cloth diaper ini, yaitu asisten pribadi di rumah yang pernah kursus menjahit dan punya pengalaman kerja menjahit di pabrik. Aku banyak belajar dari dia tentang jahit-menjahit. Ilmu bisa didapat dari mana-mana. Terimakasih untuk asistenku yang sudah membantu menjahit dan mengajarkannya ke aku.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, semuanya adalah hasil browsing. dapat pola gratis dari internet dan beberapa link yang aku padukan akhirnya dapat deh pola cloth diaper ini.017

tutorial video untuk menjahit pocket diaper. Salin ke bahan flanel dan kaos yang akan aku jahit, jangan lupa beri tanda bagian-bagian tempat elastis akan dipasangkan. Jahit sesuai petunjuk tutorialnya atau jika mau lebih jelas, bisa lihat di youtube bagian”sewing cloth diaper”.

013 010Ini bagian luar dan dalam pocket cloth diaper ku. Memang agak kebesaran untuk Hanif yang berusia 4 bulan dengan berat 7,5 Kg. Karena aku pake ukuran yang L. Tapi entah karena peyerapannya yang cukup baik dari bahan yang aku gunakan atau karena hanif yang masih hanya minum ASI, tidak pernah ada masalah tentang kebocoran samping setiap malam. Jadi yah…sangat puas, tinggal penyempurnaan untuk proyek selanjutnya.

016

Berikut beberapa link yang bisa jadi  pertimbangan untuk membuat cloth diaper ini
tutorial untuk menjahit berbagai macam bentuk cloth diaper
free pattern untuk pocket diaperr
tutorial menjahit pocket diaper

Tinggalkan Balasan

