Berpopok kain sesuai anggaran

Hi, banyak ibu yang masih bingung untuk memilih popok kain yang sesuai untuk buah hatinya. well Popok kain adalah sistem yang bisa dipelajari dengan mudah dan banyak cara untuk memilih popok kain yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

  1. Untuk anda yang akan mempunyai baby kecil akan lebih baik memulai dengannya beberapa jenis prefold. Nah Jenis popok kain yang satu ini sangat mudah didapat dan dibuat sendiri. Ngga harus beli manfaatkan bahan sudah dimiliki atau sudah tersedia di OS. Jika anda senang hunting, coba pergi saja ke pasar-pasar atau toko yang menyediakan bahan-bahan katun meteran. Biasanya jenis bahan yang digunakan adalah tetra, katun atau kaus yang lebih bnayak katunnya/kapas. Potong 70 cm x 70 cm (jika bayi anda diperkirakan besar) atau 50 cm x50 cm (jika bayi anda cenderung sedang) lalu obras atau jahit pinggirannya. Kelebihan dari prefold ini selain murah, juga mudah dibersihkan dan dapat dimanfaatkan kembali sebagai insert untuk pocket diaper.
  2. Masih takut jika popok kain yang anda beli terlalu besar atau kekecilan. Coba cari toko offline yang menjual popok kain, jika tidak ada coba cari popok kain bekas yang sering juga dijual. Harganya bisa 1/2 x lebih murah atau benar-benar murah dari pada popok kain modern yang baru. Tapi anda harus berhati-hati untuk memastikan popok kain bekas itu masih layak digunakan.
  3. Buat sendiri. Ini dijamin murah dan mudah. banyak sekali pola-pola popok yang bisa diunduh dari internet secara gratis atau beli. Lalu anda dapat melihat tutorialnya di youtube bagaimana cara menjahit popok kain. bahan yang digunakan juga tidak perlu mewah dan baru. bisa dari kain apa saja yang masih layak pakai dan menyerap dengan baik. seperti tshirt bekas, selimut atau kain bedong bayi apasaja yang ada dirumah. dijamin murah dan jauh lebih baik.

Well, saya membuat sendiri beberapa popok kain yang digunakan untuk dirumah. saya buat dari kain flanel dan kaus yang lama dengan velcro dari gurita saya yang sudah tidak terpakai. tinggal elastinya aja yang baru.

Ini hasilnya

016

3 thoughts on “Berpopok kain sesuai anggaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s