Bantahan Breastfeeding for best

Beberapa waktu lalu pernah baca blog luar yang tidak setuju dengan slogan yang digencarkan di US tentang breastfeeding. Berdasarkan blog tersebut tidak semua orang bisa melakukannya dengan bahagia, baik untuk si ibu maupun sang bayi.

Sepertinya si penulis memahami bahwa breastfeeding memang yang terbaik terutama untuk masa 6 minggu pertama. Pengen banget balas blog itu tapi sayang ngga bisa menulis dengan ingris yang baik. hueheheheh
Disini ajalah yah. Aku setuju dengan slogan breastfeeding for best dan setuju tidak semua orang bisa melakukannya, dalam arti mungkin ASInya memang tidak banyak, mungkin hanya tersedia hanya beberapa bulan pertama dalam kehidupan si bayi. Tapi bukan berarti kita tidak berusaha toh.
Dalam tulisan tersebut si penulis bercerita tentang temannya yang berusaha untuk memberikan ASI kepada bayinya. Tapi baik ibu dan si bayi sepertinya tidak nyaman, dalam arti keduanya sering mengalami stress ketika dalam proses menyusui. Sebelum 6 minggu berakhir, dengan kesepakatan suami, akhirnya mereka mulai menggunakan SUFOR. Dan ternyata si bayi sangat menyukainya dan ibu pun tidak stress lagi.
Berdasarkan pengalaman ku menyusui ketiga anakku, semuanya mengalami masa adaptasi. Baik aku dan anak-anakku ketika mereka berusia dibawah 5 bulan. Tiada saat dimana baik saya dan bayi saya mengalami ketidak harmonisan. Bingung mau pake kata-kata yang tepat. Yang jelas saya sering mengalami amukan dari mereka setiap proses menyusui berlangsung, Terkadang mereka menangis, memukul membuang muka, bahkan terkadang wajah saya ditendangnya. Umumnya saat 10 menit pertama. Dan jika saya perhatikan umumnya mereka kesal jika si frontmilk sedang keluar, atau posisi yang kurang nyaman untuk mereka, atau mereka sudah kenyang tapi hanya ingin ngem peng. Saya dan bayi-bayi saya memerlukan waktu untuk beradaptasi hingga kami menemukan jalan keluar yang baik pada setiap kondisi ketika proses menyusui.
Jadi sangat tidak benar jika menyusui itu mudah, terutama 5 bulan pertama. Justru berat sekali loh. Tapi itulah seninya. Saat 5 bulan pertama itu masa dimana baik ibu dan bayi saling beradaptasi, saling mengenali sifatnya masing-masing. dan saya merasa itu bagian dari pembelajaran. Coba kuda aja baru lahir sudah disuruh untuk belajar berdiri. Nah karena anak kita bukan kuda dan sudah ditentukan memerlukan waktu yang lebih lama untuk tumbuh berkembang, sudah barang tentu adaptasi dan mengatasi tantangan itu perlu waktu mingguan dan bulanan. Dan itu pula yang menurut saya bagian dari membangun karakter. Gigih. ya, gigih dalam mengatasi masalah, masalah kekurangan, masalah tidak nyaman dan masalah lain dan paling utama gigih dalam mencari jalan keluar.
Manusia sudah diajarkan untuk berusaha gigih sejak mereka dalam kandungan. Berusaha untuk mencari jalan keluar untuk bisa lahir, berusaha menyusu, berusaha melihat dan mengenal dunia barunya. Jadi Allah sudah menetapkan semua itu sebagai bagian dari sistem fase hidup manusia. Semua proses alamiah itu sudah diciptakan dengan tujuan.
Jadi para ibu yang sedang menanti buah hatinya, atau mereka yang baru saja melahirkan dan sedang mengalami adaptasi dengan buah hatinya, jangan meyerah untuk memberikan ASI. Bulatkan tekad dan yakin ini untuk masa depan anak-anak kita. Jangan jadikan mereka generasi instant. Biarkan mereka berusaha mencari jalan keluar untuk dapat menyusu (terutama bagi flat nipple). Dan para ibu bertahanlah walau sakit mendera ketika proses menyusui berlangsung, karena rasa sakit itu akan segera hilang. Anda akan merasa begitu indah ketika melihat mereka menyusu. dan dimasa datangpun mereka juga lebih dekat pada anda.

One thought on “Bantahan Breastfeeding for best

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s