Baking soda si multi fungsi

Baking soda atau sodium bicarbonate atau Natrium bikarbonat adalah senyawakimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama.

Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gaskarbon dioksida, yang menyebabkan roti mengembang.

Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid (penyakit maag atau tukak lambung). Karena bersifat alkaloid (basa), senyawa ini juga digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR) atau rhenal tubular acidosis (RTA).

NaHCO3 umumnya diproduksi melalui proses Solvay, yang memerlukan reaksi natrium klorida, amonia, dan karbon dioksida dalam air. NaHCO3 diproduksi sebanyak 100 000 ton/tahun (2001).

Baking soda juga kerap digunakan sebagai salah satu tambahan dalam mencuci porselen dari dapur hingga kamar mandi dan bahkan dalam urusan mencuci pakaian. Baking soda dapat digunakan untuk mengganti pewangi dan pelembut pakaian. Berikut beberapa tips yang saya dapatkan untuk mencuci pakaian dengan baking soda.

Menyegarkan dan melembutkan pakaian

Tambahkan ½ cup baking soda pada proses pembilasan. Baking soda akan memberikan wangi segar dan melembutkan cucian anda. Tanpa pewangi dan pelembut, hanya wangi segar dan bersih.Baking soda bekerja mengangkat bau dari cucian.

Mencuci pakaian bayi dan Popok kain

Tambahkan ½ cup baking soda dengan detergen cair anda dalam proses pencucian atau ½ cup baking soda kedalam proses pembilasan.

Memaksimalkan kerja detergent

Tambahkan ½ cup baking soda dan detergent untuk memaksimalkan kerja detergent membersihkan pakaian lebih baik. Cucian akan terasa segar, bersih dan lebih cemerlang.

Memaksimalkan kerja pemutih

Tambahkan ½ cup baking soda dan ½ cup pemutih dalam pemakaian akan mengurangi pemutih merusak cucian anda. Tapi cucian akan bersih, dan lebih putih.
Penggunaan baking soda sebaiknya tidak terlalu banyak atau terlalu sering. Cukup sekali waktu jika diperlukan. Seperti pada proses stripping popok kain.

1/2 cup = 1/2 sendok takar detergent

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s